Selasa, 07 Juli 2015

BALINESE CULTURE

Kali ini saya akan mendeskripsikan tentang pulau asal saya, yaitu pulau Dewata alias pulau BALI. Sebenarnya Bali bukan tanah kelahiran saya, saya lahir di Kefamenanu NTT. Kedua orang tua saya yang berasal dari Bali asli, tepat nya di Denpasar dan singaraja. Baiklah mungkin semuanya sudah banyak yang mengetahui tentang Bali,
Bali adalah pulau Dewata karena keindahan alam dan tradisi nya yang sangat menonjol di Nusantara. Mayoritas di Bali adalah agama Hindu, Bali juga merupakan pulau Dewa karena konon katanya di Bali itu terdapat trimurti.
Trimurti adalah tiga kekuatan Brahman (Sang Hyang Widhi) (sebutan Tuhan dalam agama Hindu) dalam menciptakan, memelihara, melebur alam beserta isinya.
Trimurti terdiri dari 3 yaitu:
·         Dewa Brahma
Fungsi: Pencipta / Utpathi
Sakti: Dewi Saraswati yang merupakan dewi ilmu pengetahuan
Senjata: Busur
Simbol: A
Warna: Merah

·         Dewa Wisnu
Fungsi: Pemelihara / Sthiti
Sakti: Dewi Laksmi atau Sri
Senjata: Cakram
Simbol: U
Warna: Hitam

·         Dewa Siwa
Fungsi: Penghancur / Pralina
Sakti: Dewi Durga, Uma, dan Parwati
Senjata: Trisula
Simbol: M
Warna: Manca Warna

Apabila symbol dari ketiga dewa tersebut digabungkan, maka akan menjadi AUM yang dibaca “OM” (  ) yang merupakan symbol suci agama Hindu.





0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurtri keviana | Copyright © 2011
Designed by Rinda's Templates | Picture by Wanpagu
Template by Blogger Platform